Wednesday, February 12, 2014

Pengertian dan Fungsi Ideologi Negara

Pengertian dan Fungsi Ideologi Negara

Ideologi berasal dari kata Ideal (Bahasa Inggris) yang artinya gagasan. Kata Logi yang berasal dari Bahasa Yunani Logos yang artinya pengetahuan. Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasan-gagasan. Ideologi pertama kali dikemukakan oleh Destuh de Traci, seorang Perancis pada tahun 1796.

Ideologi negara merupakan cerminan cara berpikir orang, masyarakat menuju cita-citanya. Komitmen itu tercermin dalam sikap seseorang yang meyakini Ideologi sebagai ketentuan yang harus ditaati dalam kehidupan.

Ideologi dan dasar negara kita adalah Pancasila. Oleh karena itu nilai-nilai Pancasila merupakan nilai-nilai yang harus digali, tumbuh dan berkembang sebagai budaya bangsa . Indonesia yang telah terlahir dari keyakinan hidup bangsa Indonesia.

Ideologi juga dimaknai sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, nilai, dan keyakinan hidup yang nyata.

Ideologi bagi suatu negara ini juga sangat diperlukan karena dianggap mampu membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan, memberikan arahan mengenai dunia beserta isinya. Serta menanamkan semangat dalam perjuangan masyarakat untuk bergerak melawan penjajah yang mewujudkannya dalam kehidupan penyelenggaraan.

Pentingnya Ideologi bagi suatu negara juga terlihat dari Ideologi itu sendiri.

Ideologi juga mempunyai kecenderungan untuk memisahkan kita dari masyarakat.

Oleh karena itu pentingnya Ideologi bagi satu negara juga berfungsi untuk mengatasi sebagai pertentangan (konflik) atau ketegangan sosial.

 

Fungsi Ideologi Bagi Suatu Negera

-       Fungsinya untuk membentuk Identitas atau ciri kelompok atau bangsa.

-       Berfungsi juga untuk mempersatukan kita (masyarakat)

-       Untuk berbagi pertentangan, pembentuk solidaritas (rasa kebersamaan) dengan mengangkat perbedaan ke dalam tahta yang lebih tinggi

Untuk menyatukan keseragaman dan keanekaragaman.

Pengertian dan Fungsi Ideologi Negara1 Pengertian dan Fungsi Ideologi Negara2 Pengertian dan Fungsi Ideologi Negara3

No comments:

ANTUSIASNYA WARGA KAWALI PADA TABLIGH AKBAR USTADZ EVIE EFFENDI

Antusiasnya Warga Kawali dalam mengikuti tabligh akbar yang disampaikan oleh Ustadz Evie Effendi terlihat nyata Tanggal 26 Februari 202...