Monday, January 13, 2014

Format RPP Kurikulum 2013

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).

Pada postingan ini Corner 23 akan berbagi Format RPP Kurikulum 2013

Konsep Pembelajaran Tematik 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                    :   

Tema                                   :    Indahnya Kebersamaan

Subtema                              :    ………………………………………………………

                                                 ………………………………………………………

Kelas                                    :    IV (Empat)

Semester                              :   I (Satu)

Materi Pokok                     :

Alokasi Waktu                  :    ………………………………………………………

        

A.      Kompetensi inti                :

           

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan    percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru                3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator:

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

     …………………………………………………………………………………………………………

C.      Tujuan Pembelajaran

 Melalui metode …………………………………………….peserta didik dapat:

1.      ……………………………………………………………………………………………………

2.      ……………………………………………………………………………………………………

3.      ……………………………………………………………………………………………………

4.      ……………………………………………………………………………………………………

5.      ……………………………………………………………………………………………………

6.      ……………………………………………………………………………………………………

7.      ……………………………………………………………………………………………………

D.      Materi Pembelajaran

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

E.       Metode Pembelajaran

1.      ……………………………………………………………………………………………………

2.      ……………………………………………………………………………………………………

3.      ……………………………………………………………………………………………………

4.      ……………………………………………………………………………………………………

 

F.       Media, Alat dan Sumber  Pembelajaran

1.     Media

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

2.     Alat/Bahan

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

3.     Sumber

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

G.      Langkah-langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan pertama

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Kegiatan Inti

a.     Mengamati

 

 

 

 

 

 

b.     Menanya

 

 

 

 

 

 

c.    Eksperimen/Explore

 

 

 

 

 

 

 

d.   Asosiasi

 

 

 

 

 

e.    Komunikasi/Networking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Penutup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Pertemuan Kedua

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Kegiatan Inti

a.    Mengamati

 

 

 

 

 

 

 

b.    Menanya

 

 

 

 

 

 

c.    Eksperimen/Explore

 

 

 

 

 

 

 

d.   Asosiasi

 

 

 

 

 

e.    Komunikasi/Networking

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Penutup

 

 

 

 

 

 

H.      Penilaian Hasil Pembelajaran (Jenis, bentuk dan teknik penskoran)

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

Tugas

1.      ……………………………………………………………………………………………………

2.      ……………………………………………………………………………………………………

3.      ……………………………………………………………………………………………………

 

Observasi

1.      ……………………………………………………………………………………………………

2.      ……………………………………………………………………………………………………

3.      ……………………………………………………………………………………………………

4.      ……………………………………………………………………………………………………

5.      ……………………………………………………………………………………………………

6.      ……………………………………………………………………………………………………

 

Portofolio

1.      ……………………………………………………………………………………………………

2.      ……………………………………………………………………………………………………

3.      …………………………………………………………………………………………………

4.      ……………………………………………………………………………………………………

 

Tes

1.      ……………………………………………………………………………………………………

2.      ……………………………………………………………………………………………………

3.      ……………………………………………………………………………………………………

4.      ……………………………………………………………………………………………………

5.      ……………………………………………………………………………………………………

6.      ……………………………………………………………………………………………………

Rubrik Penilaian

No.

Aspek

*Nilai

1

2

3

4

1

Penguasaan materi

 

 

 

 

2

Penguasaan nilai-nilai

 

 

 

 

3

Keaktifan

 

 

 

 

4

Kesantunan

 

 

 

 

Catatan :

*4 =  Sangat Baik                3 =  Baik

  2 =  Sedang                       1 =  Kurang baik

Rentang Skor   =  Skor Maksimal – Skor Minimal

              =  16 - 4

              =  12/4

              =  3

MK        =   14 - 16

MB         =   11 - 13

MT         =   7 - 10

BT          =   4 -   6

 

Keterangan:         

BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).

MB    :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).

MK    :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 

 

 

Mengetahui,

Kepala ...................................

 

 

 

 

...............................................

NIP. ......................................

......................, ......................................

 

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

.................................................

NIP. ........................................

 

 Konsep Pembelajaran Tematik2

No comments:

ANTUSIASNYA WARGA KAWALI PADA TABLIGH AKBAR USTADZ EVIE EFFENDI

Antusiasnya Warga Kawali dalam mengikuti tabligh akbar yang disampaikan oleh Ustadz Evie Effendi terlihat nyata Tanggal 26 Februari 202...