Pembelajaran tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).
Pada postingan ini Corner 23 akan berbagi Format RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Tema : Indahnya Kebersamaan
Subtema : ………………………………………………………
………………………………………………………
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Materi Pokok :
Alokasi Waktu : ………………………………………………………
A. Kompetensi inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui metode …………………………………………….peserta didik dapat:
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………………………………
6. ……………………………………………………………………………………………………
7. ……………………………………………………………………………………………………
D. Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
E. Metode Pembelajaran
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
2. Alat/Bahan
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
3. Sumber
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan | |
2. | Kegiatan Inti a. Mengamati b. Menanya c. Eksperimen/Explore d. Asosiasi e. Komunikasi/Networking | |
3. | Penutup | |
2. Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan | |
2. | Kegiatan Inti a. Mengamati b. Menanya c. Eksperimen/Explore d. Asosiasi e. Komunikasi/Networking | |
3. | Penutup | |
H. Penilaian Hasil Pembelajaran (Jenis, bentuk dan teknik penskoran)
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
Tugas
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
Observasi
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………………………………
6. ……………………………………………………………………………………………………
Portofolio
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. …………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………
Tes
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………………………………
6. ……………………………………………………………………………………………………
Rubrik Penilaian
No. | Aspek | *Nilai |
1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Penguasaan materi | | | | |
2 | Penguasaan nilai-nilai | | | | |
3 | Keaktifan | | | | |
4 | Kesantunan | | | | |
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 = Baik
2 = Sedang 1 = Kurang baik
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK = 14 - 16
MB = 11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 - 6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mengetahui, Kepala ................................... ............................................... NIP. ...................................... | ......................, ...................................... Guru Mata Pelajaran, ................................................. NIP. ........................................ |