Saturday, March 15, 2014

Distribusi Tumbuhan

Distribusi Tumbuhan

            Distribusi tumbuhan adalah kehadiran/ penyebaran setiap organisme pada suatu  habitat. Dalam pola distribusi vegetasi di alam, salah-satu hal   penting yang dapat membatasi pola dan daya penyebaran komunitas tumbuhan adalah terdapatnya barrier, seperti gurun, pegunungan, gunung-gunung yang tinggi, lembah atau laut (Anggiswita, 2012). Penyebaran adalah parameter kualitatif yang menggambarkan keberadaan spesies organisme pada ruang secara horizontal. Penyebaran tersebut dapat dikelompokan menjadi tiga antara lain random, seragam atau kelompok (Indriyanto, 2006).

Faktor-faktor penyebab distribusi tumbuhan menurut Anonim (2009) adalah sebagai berikut:

1.    Iklim

Faktor iklim termasuk didalamnya keadaan suhu, kelembapan udara dan angin sangat besar pangaruhnya terhadap kehidupan setiap makhluk hidup.

2.    Tanah

Tanah banyak mengandung unsur-unsur kimia yang diperlukan bagi pertumbuhan flora

3.    Air

Air mempunyai peranan yang penting bagi pertumbuhan tumbuhan karena dapat melarutkan dan membawa makanan yang diperlukan bagi tumbuhan dari dalam tanah. Adanya air tergantung dari curah hujan dan curah hujan sangat tergantung dari iklim di daerah yang bersangkutan.

1)      Tinggi rendahnya permukaan bumi

Faktor ketinggian permukaan bumi umumya dilihat dari ketinggiannya dari permukaan laut (elevasi).

2)      Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan

Manusia mampu mengubah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan tertentu (Anonim, 2009).

No comments:

ANTUSIASNYA WARGA KAWALI PADA TABLIGH AKBAR USTADZ EVIE EFFENDI

Antusiasnya Warga Kawali dalam mengikuti tabligh akbar yang disampaikan oleh Ustadz Evie Effendi terlihat nyata Tanggal 26 Februari 202...