Wednesday, March 26, 2014

Contoh Bahan dan Pedoman Penilaian Ujian Praktik Sekolah Dasar

JADWAL TENTATIF KEGIATAN UN US SD4

BAHAN UJIAN PRAKTEK

Tahun Pelajaran ............

 

Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam

Kelas                 : VI (enam)

Hari/ Tanggal    : ..........................

Waktu               : 07.30 – 12.00

 

I.         Bidang Ibadah :

a.    Ibadah

b.    Kemampuan membaca Al-Qur’an

c.    Kemampuan menulis Al-Qur’an

 

II.      Materi Ujian

a.     Ibadah

-       Praktek Wudhu

-       Praktek Tayamum

-       Praktek Sholat

 

b.    Membaca dan Menyalin Al-Qur’an

-       Surat Al-Baqarah

-       Surat An-Naas

-       Surat Al-Ikhlas

 

c.     Menulis Al-Qur’an

-       Surat Al-Ikhlas

-       Surat Al-Fatihah

 

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

PEDOMAN PENILAIAN

 

Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam

Kelas                   : VI (enam)

Sekolah                : SDN ............

 

A.  Bidang Ibadah

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

Rukun Wudhu :

-   Dikerjakan dengan sempurna

-   Dikerjakan kurang sempurna

-   Dikerjakan tidak sempurna

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

2.

Rukun Tayamum :

-   Dikerjakan dengan sempurna

-   Dikerjakan kurang sempurna

-   Dikerjakan tidak sempurna

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

3.

Rukun Sholat :

-   Dikerjakan dengan sempurna

-   Dikerjakan kurang sempurna

-   Dikerjakan tidak sempurna

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

4.

Bacaan Sholat :

-   Dikerjakan dengan sempurna

-   Dikerjakan kurang sempurna

-   Dikerjakan tidak sempurna

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

Jumlah Skor Maksimal 1 s/d 4

10,00

 

B.  Membaca dan Menyalin Al-Qur’an

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

Hafalan :

-   Hafalan dengan sempurna

-   Hafalan kurang sempurna

-   Hafalan tidak sempurna

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

2.

Pelafalan:

-   Lafal yang benar seluruhnya

-   Lafak yang sebagian benar

-   Lafal yang sedikit benar

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

3.

Tajwid :

-   tajwidnya yang benar seluruhnya

-   tajwidnya yang sebagian benar

-   tajwidnya yang sedikit benar

5,00 – 10,00

10,00

7,00

5,00

Jumlah Skor Maksimal 1 s/d 3

10,00

 

C.  Menulis Al-Qur’an

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

Keadaan Tulisan :

-   Bentuk tulisan

-   Kerapihan tulisan

-   Penggunaan tanda baca

-   Hiasan tulisan

5,00 – 10,00

10,00

8,00

7,00

5,00

Jumlah Skor Maksimal 1 s/d 3

10,00

 

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru P A I,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

 

BAHAN UJIAN PRAKTIK

Tahun Pelajaran ............

 

Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia

Kelas                 : VI (enam)

Hari/ Tanggal    : ..........................

Waktu               : 07.30 – 12.00

 

I.         Materi :

POHON NYIUR

Di pantai tumbuh subur

Di pegunungan juga bisa tumbuh

Dimana saja bisa hidup

Pohonnya tinggi menjulang

Semua yang ada bermanfaat

Mulai dari akar, batang, daun dan buah

Batangnya dapat dibuat jembatan

Daun mudanya untuk hiasan

dan bungkus ketupat

Lidinya dibuat sapu

Buahnya, hmmm....... segar bisa diminum

Buah yang tua bisa dibuat minyak

Bisa juga untuk memasak

 

-       Bacalah puisi di atas dengan baik !

-       Ungkapkan kembali isi puisi di atas !

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

PEDOMAN PENILAIAN

 

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia

Kelas                   : VI (enam)

Sekolah                : ...........

 

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

a. Lapal

b. Ekspresi

c. Intonasi

d. Peragaan

e. Menyimak

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

Jumlah Skor Maksimal 1 s/d 3

10,00

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

BAHAN UJIAN PRAKTEK

Tahun Pelajaran ............

 

Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas                 : VI (enam)

Hari/ Tanggal    : ..........................

Waktu               : 07.30 – 12.00

 

I.         Materi :

1.    Mendeskripsikan berbagai bentuk energi, bunyi serta sifat-sifatnya

2.    Menyelidiki pengaruh gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda

3.    Menyelidiki berbagai cara perpinadahan energi

4.    Mendeskripsikan beberapa interaksi antara bumi dengan benda langit.

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

PEDOMAN PENILAIAN

 

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas                   : VI (enam)

Sekolah                : SDN ............

 

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

Menyimpulkan bahwa tinggi rendahnya suara/ bunyi dipengaruhi oleh besar, panjang pendeknya dawai

5,00 – 10,00

2.

Gaya Magnet

a.     Mampu membuktikan bahwa kekuatan gaya magnet terdapat pada kedua kutub

b.     Mampu membuktikan bahwa kutub magnet yang tidak senama jika didekatkan satu sama lain saling menolak

c.     Mampu membuktikan bahwa kutub magnet yang tidak senama jika didekatkan satu sama lain akan tarik menarik

 

5,00 – 10,00

 

5,00 – 10,00

 

 

5,00 – 10,00

3.

Perpindahan energi panas dan energi listrik :

a.     Mampu mengelompokkan benda-benda yang merupakan sumber energi

b.     Mampu menyusun rangkaian listrik secara paralel

 

5,00 – 10,00

 

5,00 – 10,00

4.

Rotasi dan Revolusi Bumi :

a.    Mampu membuktikan pengertian siang dan malam akibat rotasi bumi

b.    Mampu mencontohkan secara propesional letak tiga benda langit pada peristiwa gerhana matahari

c.    Mampu mencontohkan secara propesional letak tiga benda langit pada peristiwa gerhana bulan

 

5,00 – 10,00

 

5,00 – 10,00

 

 

5,00 – 10,00

Jumlah Skor Maksimal 1 s/d 4

10,00

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

BAHAN UJIAN PRAKTIK

Tahun Pelajaran ............

 

Mata Pelajaran  : PJKR

Kelas                 : VI (enam)

Hari/ Tanggal    : ..........................

Waktu               : 07.30 – 12.00

 

I.         Materi :

1.    Atletik

2.    Senam

3.    Permainan bola kecil dan bola besar

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

PEDOMAN PENILAIAN

 

Mata Pelajaran     : PJKR

Kelas                   : VI (enam)

Sekolah                : SDN ............

 

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

Atletik :

a.    Star

b.    Sikap

c.    Finish

d.   Waktu

 

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

2.

Senam :

a.     Posisi Awal

b.     Pemanasan

c.     Kegiatan Inti

d.    Sikap Disiplin

 

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

3.

Permainan bola kecil dan bola besar :

a.     Service

b.     Berbain

c.     Hasil

d.    Kerjasama

 

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

Jumlah Skor Maksimal 1 s/d 3

10,00

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

BAHAN UJIAN PRAKTIK

Tahun Pelajaran ............

 

Mata Pelajaran  : S B K

Kelas                 : VI (enam)

Hari/ Tanggal    : ..........................

Waktu               : 07.30 – 12.00

 

 

I.         Materi :

1.    Lagu Wajib

2.    Lagu Daerah

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

PEDOMAN PENILAIAN

 

Mata Pelajaran     : S B K

Kelas                   : VI (enam)

Sekolah                : SDN ............

 

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

1. Lagu Wajib

2. Lagu Daerah

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

Jumlah Skor Maksimal

10,00

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

BAHAN UJIAN PRAKTIK

Tahun Pelajaran ............

 

Mata Pelajaran  : Bahasa Sunda

Kelas                 : VI (enam)

Hari/ Tanggal    : ..........................

Waktu               : 07.30 – 12.00

 

I.         Materi :

-       Buatlah teks pidato dengan tema “Hari Pendidikan Nasional” dan praktekkan di depan kelas dengan baik dan benar !

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

 

PEDOMAN PENILAIAN

Mata Pelajaran     : Bahasa Sunda

Kelas                   : VI (enam)

Sekolah                : SDN ............

 

No.

Aspek yang Dinilai

Skor Nilai

1.

a. Persiapan awal

b. Penampilan

c. Intonasi kalimat

d. Pelafalan

e. Menutup

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

5,00 – 10,00

Jumlah Skor Maksimal

10,00

 

Lumbung,    ............

Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala SDN ............,

 

 

 

 

............                       ..                                         ............

NIP. ............                                                         NIP. ............

Contoh Bahan dan Pedoman Penilaian Ujian Praktik Sekolah Dasar Contoh Bahan dan Pedoman Penilaian Ujian Praktik Sekolah Dasar2 Contoh Bahan dan Pedoman Penilaian Ujian Praktik Sekolah Dasar3

JADWAL TENTATIF KEGIATAN UN/ US SDN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

JADWAL TENTATIF KEGIATAN UN US SD
 

No.

Uraian Kegiatan

Waktu

1.

Sosialisasi Permen Diknas dan POS UN serta regulasi tentang penyelenggara

Januari 2013

2.

Pendaftaran calon peserta ujian di masing-masing SD/MI dengan menggunakan software Puspendik secara online.

Januari – Februari 2013

3.

Pengiriman data Nilai Rapor siswa

Februari - Maret 2013

4.

Pengolahan data calon peserta ujian di kabupaten/ kota sampai penerbitan Daftar Nominasi Sementara (DNS)

Maret 2013

5.

Masa koreksei DNS (DNS diserahkan ke SD/ MI, dikoreksi dan dikembalikan ke kab./ kota) sampai diterbitkannya Daftar Nominasi Tetap (DNT)

Maret 2013

6.

Pendataan dan penerbitan SK penetapan SD/ MI penyelenggara ujian di kabupaten/ kota

Maret 2013

8.

Latihan pelaksanaan UN bagi calon peserta UN

Maret – Awal April 2013

10.

Pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan Kartu Peserta Ujian (KPU)

April  2013

11.

Pendistribusian DNT dan KPU ke SD/ MI melalui panitia tingkat Kecamatan

Paling lambat 23 April 2013

12.

Penempatan foto, penandatanganan, penyetempelan KPU di SD/ MI dan penyerahannya kepada peserta ujian

23-24 April 2013

13.

Penyiapan bahan ujian sekolah oleh sekolah meliputi :

a.     Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) US

b.     Penyusunan kisi-kisi

c.     Penulisan soal dan perangkatnya

d.     Penelaahan dan revisi soal

e.     Perakitan perangkat tes dan penyiapan master copy

f.      Penggandaan naskah/ perangkat soal

Maret – April 2013

17.

Pengiriman nilai sekolah/ madrasah yang mencakup nilai murni rapor dan nilai murni US/M ke penyelenggara UN tingkat kabupaten/ Kota (Nilai rapor yang dikirimkan oleh pihak sekolah adalah nilai rapor murni / bukan nilai rata-rata rapor khusus untuk mata pelajaran yang di-UN-kan, disertai dengan nilai US murni)

1 – 3 Mei 2013

19.

Pendistribusian naskah soal UN dari panitia kecamatan ke SD/ MI.

6 – 8 Mei 2013

20.

Pelaksanaan UN/ US :

a.     UN  Utama

b.    UN Susulan

c.     US Tertulis Utama

d.    US Tertulis Susulan

e.    US Praktek Utama/ Susulan

 

6 – 8  Mei 2013

13 – 15 Mei 2013

8 – 12 April 2013

15 - 30 April 2013

April 2012

21.

Pengiriman lembar jawaban hasil UN utama dari SD/MI penyelenggara ke kecamatan diteruskan ke kabupaten/ kota (bertahap sesuai jadwal UN)

13 – 15  Mei 2013

22.

Pengiriman lembar jawaban hasil UN susulan dari SD/MI penyelenggara kepada Panitia kecamatan diteruskan ke kabupaten/ kota (bertahap sesuai jadwal US)

14 – 16 Mei 2013

23.

Scanning lembar jawaban hasil UN utama/ susulan di kabupaten/ kota

10 – 18 Mei 2013

26.

Pemeriksaan dan penilaian hasil Ujian Sekolah

16 – 27 April 2013

29.

Pendistribusian DKH UN/ SKH UN dari kab./ kota ke SD/MI melalui panitia kecamatan

12 – 13 Juni 2013

32.

Penyelenggara UN tingkat kabupaten/ kota, mengirimkan hasil scoring UN ke SD/MI untuk digunakan sebagai pertimbangan dan penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan

Paling lambat tanggal 4 Juni 2013

33.

Rapat penentuan kelulusan di SD/MI

7 Juni 2013

34.

Pengumuman kelulusan di masing-masing SD/MI

8 Juni 2013

35.

Penyampaian laporan kelulusan dari SD/MI  ke kecamatan direkap di kabupaten/ kota dan diteruskan ke provinsi

10 – 15 Juni 2013

36.

Pendistribusian blanko ijazah dari provinsi ke kabupaten/ kota/ kecamatan diteruskan ke SD/ MI

10 – 18 Juni 2013

37.

Penulisan dan penandatangan ijazah oleh SD/ MI penyelenggara

20 – 28 Juni 2013

38.

Pembagian ijazah bagi siswa yang lulus dari satuan pendidikan

30 Juni 2013

39.

Penyampaian laporan lengkap penyelenggara UN/US :

a.     Dari SD/ MI penyelenggara ke kecamatan

b.     Dari kecamatan ke kabupaten/ kota

c.     Dari kabupaten/ kota ke provinsi

d.     Dari provinsi pusat

 

 

1 – 4 Juli 2013

5 – 6 Juli 2013

7 – 11 Juli 2013

12 – 15 Juli 2013

JADWAL TENTATIF KEGIATAN UN US SD3 JADWAL TENTATIF KEGIATAN UN US SD2 JADWAL TENTATIF KEGIATAN UN US SD4

Saturday, March 22, 2014

PENGARUH SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI BAGI MANUSIA DAN BUDAYA

PENGARUH SAINS TEKNOLOGI DAN SENI BAGI MANUSIA DAN BUDAYA
Pada hakekatnya manusia secara kodrati bersifat sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Dikatakan sebagai makhluk individu karena setiap manusia berbeda-beda dengan manusia yang lain dalam hal kepribadian, pola pikir, kelebihan, kekurangan dan kreatifitas untuk mencapai cita-cita. Sehingga sebagai pribadi-pribadi yang khas tersebut manusia berusaha mengeluarkan segala potensi yang ada pada dirinya dengan cara menciptakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa bantuan orang lain. Potensi-potensi manusia sebagai makhluk individu dapat dituangkan dalam sebuah karya seni, sains, dan teknologi.
Baik sains, teknologi maupun seni dan hasil produknya dapat dirasakan disetiap aspek kehidupan manusia dan budayanya. Sehingga pengaruh sains, teknologi, seni bagi manusia dan budaya dalam masyarakat dapat berpengaruh baik secara negatif maupun secara positif
1.    Pengaruh positif
a.         Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia (secara individu maupun kelompok) terhadap perkembangan ekonomi, politik, militer, dan pemikiran-pemikiran dalam bidang sosial budaya.
b.        Pemanfaatan sains, teknologi, dan seni secara tepat dapat lebih mempermudah proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
c.         Sains, teknologi dan seni dapat memberikan suatu inspirasi tentang perkembangan suatu kebudayaan yang ada di Indonesia.   
2.    Pengaruh negatif
Selain pengaruh positif sains, teknologi dan seni juga dapat memberikan pengaruh yang negatif bagi perubahan peradaban manusia dan budaya terutama bagi generasi muda. Selain itu sains, teknologi dan seni telah melunturkan nilai-nilai luhur kepribadian bangsa dan tatakrama sosial yang selama ini menjadi ciri khas dan kebanggaan. Serta yang terakhir pemanfaatan dari sains, teknologi, dan seni sering kali menimbulkan masalah baru dalam kehidupan manusia terutama dalam hal kerusakan lingkungan, mental dan budaya bangsa, seperti:
a)        Menipisnya lapisan ozon
b)        Terjadi polusi udara, air dan tanah
c)        Terjadi pemanasan global
d)       Rusaknya ekosistem laut
e)        Pergaulan dan seks bebas
f)         dan penyakit moral.
Oleh karena itu agar sains, teknologi dan seni dapat memberikan pengaruh yang positif bagi manusia dan budaya, maka sains, teknologi dan seni seharusnya mampu mengkolaborasikan antara nilai-nilai empiris dengan nilai-nilai moral dan menyesuaikan dengan nilai-nilai religius, keagamaan, dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

ANTUSIASNYA WARGA KAWALI PADA TABLIGH AKBAR USTADZ EVIE EFFENDI

Antusiasnya Warga Kawali dalam mengikuti tabligh akbar yang disampaikan oleh Ustadz Evie Effendi terlihat nyata Tanggal 26 Februari 202...