Sunday, December 29, 2013

CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (3)
Maulid Nabi adalah salah satu perayaan kelahiran Nabi besar kita Muhammad SAW. seluruh muslim di dunia merayakan dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.  Banyak sekali diadakan lomba-lomba pidato, baik di sekolah ataupun pengajian-pengajian bahkan di bale desa ataupun bale kampung. Pada kesempatan ini C23 akan memberikan salah satu contoh pidato memperingati Maulid nabi Muhammad SAW yang berjudul “HIKMAH DARI MAULID NABI”.

Assalamualaikum,wr.wb.
Hadirin yang berbahagia.
Alhamdulillahirobbil alamiin, Asholatu wassalaamu alaa asrofil anbiyaai wal mursaliin, waalaa alihi wasahbihi ajmaiin, amma ba’du.
Alhamdulillah wasyukurillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas kuasanya kita bisa berkumpul, bertatap muka/bermuajahah ditempat ini.
Shalawat beserta salam senantiasa terlimpahkan pada suritauladan umat manusia, yang membawa  jaman jahiliyyah ke era penuh cahaya. Tiada lain; yakni habibana, wanabiyyana, Muhammad Sallalahu Alaihi Wasalam
Tak lupa pada keluarganya, shabatnya, dan para pengikut beliau. Mudah2an kita dicatat sebagai umatnya. Amin ya rabbal alamin..
Para Hadirin yang InsyaAllah Allah Muliakan.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini, insyaAllah saya akan menyampaikan uraian ceramah tentang Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, yang saya bingkis dalam paket hikmah berjudul 5M.
Hadirin, ada yang tahu gak Apa itu 5M? saya kasih tahu yaa.....
1.  M yang pertama adalah mencontoh.
Maksudnya adalah meneladani akhlak rasul dalam semua aspek kehidupan, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-ahzab ayat 21.
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah
2.  M yang kedua yaitu mengubah
Perubahan seperti apakah yang dimaksud disini? perubahan yang dimaksud adalah Berhijrah dari prilaku yg negative menjadi positif.
- Berhijrah dari yang tadinya malas belajar menjadi rajin,
- Dari yang tidak pernah shalat menjadi shalat,
- Dan berhijrah dari jarang membaca quran jadi rutin
Hadirin yang Allah Rahmati,
3.  M yang ketiga, hikmah nabi Muhammad SAW adalah membiasakan.
karena amalan yg  rutin walau sedikit, lebih disukai oleh Allah daripada amalan banyak yang sekaligus tapi jarang dilakukan.
Contohnya adalah adalah Puasa as-syura, apa itu puasa Assyura? teman, tau tidak..? hadirin, apa sih puasa assyura?
Puasa assyura adalah berpuasa pada tanggal 10 bulan Muharram. Hadist riwat muslim menyebutkan:
”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.”
4.  M yang keempat adalah Membaca Al-Qur’an dan hadits,
Dua wasiat dari rasul, atau bahasa kerennya: S.O.P. (Standar Operational Prosedur) yang berlaku di segala zaman, sebagai pedoman kita agar selamat di dunia dan akhirat.
5.  M yang kelima adalah Melantunkan shalawat pada Baginda Rasul,
Bagaimana caranya? hadirin baca shalawat bareng yu,
“shalatullah salamullah, ala thaha rasulillah shalaatullah salamullah ala yaasin habibillah”
Hadirin walhadirat Rahimakumullah,
Sebagai kesimpulan, dengan hikmah mauled nabi mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikan 5 M tadi dalam kehidupan sehari-hari.
M yang pertama yaitu Mencontoh,
M yang kedua Mengubah,
M yang ketiga adalah Membiasakan,
M yang keempat Membaca,
Dan M yang terkhir yaitu Melantunkan Shalawat kepada baginda Rasul Muhammad SAW.
Alhamdulillah kita disini dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, namun ternyata itu saja tidak cukup, sebab terselenggaranya acara :  ibarat awan. meriahnya suasana : laksana hujan. pelanginya adalah : mutiara hikmah dan perubahan.
Sekian dari saya,
Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, karena saya dalam tahap belajar. Kesempurnaan hanyalah milik Allah semata.
Saya tutup dengan do’a Robbana atinaa fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah waqina adzaa bannar.
Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum wr.wb.
CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (2) CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (5) CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (8)
CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (4)CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (6)CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (14)
CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (9)CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (10)CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (11)
CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (7)
CONTOH PIDATO MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (13)

No comments:

ANTUSIASNYA WARGA KAWALI PADA TABLIGH AKBAR USTADZ EVIE EFFENDI

Antusiasnya Warga Kawali dalam mengikuti tabligh akbar yang disampaikan oleh Ustadz Evie Effendi terlihat nyata Tanggal 26 Februari 202...